Pembelajaran Tasrif Madhi Kana Atau Mudhari' Dengan Menggunakan Metode Card Sort

Ahmad Syauqi, 140202146 (2020) Pembelajaran Tasrif Madhi Kana Atau Mudhari' Dengan Menggunakan Metode Card Sort. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Tasrif Madhi Kana Atau Mudhari']
Preview
Text (Pembelajaran Tasrif Madhi Kana Atau Mudhari')
Ahmad Syauqi, 140202146, FTK, PBA, 082297062434.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tashrif dianggap suatu materi yang sangat penting dalam belajar bahasa Arab karena dengan mempelajarinya dapat membantu siswa dalam menguasai maharah qiraah dan juga memudahkannya dalam menyusun kalimat yang baik dan benar dengan menggunakan bahasa Arab. Belajar tashrif tidak cukup dengan kecerdasan siswa saja akan tetapi untuk dapat memahaminya juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang sangat mendorong terhadap pembelajaran tashrif. Sebagian Ulama’ mengatakan bahwa ilmu sharaf/tashrif adalah ayah dari bahasa Arab dan ilmu nahwu diibaratkan sebagai Ibunya, dalam artian bahwa kedua ilmu tersebut menjadi ilmu yang sangat mendasar untuk belajar bahasa Arab dan diperlukan untuk melatih secara khusus dan dengan bermacam model pembelajaran agar dapat dengan mudah memahaminya. Sepatutnya bagi setiap guru yang mengajarkan tashrif harus memperhatikan metode atau model pembelajaran seperti model pembelajaran card sort dan sebagainya yang sesuai untuk mengajarkan tashrif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tashrif. Dan sangat dianjurkan kepada setiap guru untuk menguji siswa agar guru mengetahui tingkat kemampuan dan kesulitan yang terdapat pada setiap siswa, dengan begitu guru akan lebih mudah dalam mengarahkan siswanya dan menciptakan model pembelajaran yang relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Syarifuddin Hasyim, M.Ag 2. Fadhilah, MA
Uncontrolled Keywords: tashrif madhi atau mudhari’, model card sort.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Syauqi
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:55
Last Modified: 05 Mar 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16265

Actions (login required)

View Item
View Item