Peran Keluarga dalam Memberikan Dukungan Sosial Terhadap Anak Penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four Lampriet Kuta Alam Banda Aceh

Ghina Surayya, 160402036 (2021) Peran Keluarga dalam Memberikan Dukungan Sosial Terhadap Anak Penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four Lampriet Kuta Alam Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Peran Keluarga dalam Memberikan Dukungan Sosial Terhadap Anak Penderita Leukemia]
Preview
Text (Tentang Peran Keluarga dalam Memberikan Dukungan Sosial Terhadap Anak Penderita Leukemia)
Ghina Surayya, 160402036, FDK, BKI, 085371160451.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Peran Keluarga dalam Memberikan Dukungan Sosial Terhadap Anak Penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four Lamprit Kuta Alam Banda Aceh”. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran keluarga dalam memberikan dukungan sosial terhadap anak penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four yaitu dukungan sosial merujuk kepada Tindakan yang orang tua lakukan ketika mereka memberikan bantuan kepada anak dan kendala orang tua dalam memberikan dukungan sosial terhadap anak penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four yaitu terdiri dari faktor internal kurangnya dorongan yang berasal dari dalam diri anak dan faktor eksternal yang dialami oleh orang tua dalam memberikan dukungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran keluarga dalam memberikan dukungan sosial bagi anak penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four dan untuk mengetahui kendala orang tua dalam memberikan dukungan sosial bagi anak penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur serta studi dokumentasi, dan yang menjadi informan dalam penelitian adalah orang tua yang memiliki anak penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four. Hasil penelitian maka diperoleh data bahwa peran keluarga dalam memberikan dukungan sosial terhadap anak penderita Leukemia di Rumah Singgah C-Four yaitu dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua dukungan yang sangat tinggi dan membawa pengaruh positif terhadap penderita, adanya dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua ini membuat anak-anak yang menderita Leukemia menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Faktor yang menjadi kendalanya terdiri dari faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal seperti dorongan yang berasal atau muncul dari dalam diri anak yang menderita Leukemia itu sendiri dan faktor eksternalnya seperti dorongan yang berasal dari luar diri. Dalam penelitian ini yang berperan dalam memberikan dukungan sosial bagi anak penderita Leukemia yaitu orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ghina Surayya Surayya
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:20
Last Modified: 10 Mar 2021 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item
View Item