Urgensi Bimbingan Karir Bagi Anak yang Bekerja Sebagai Pemulung di Taman Edukasi Pahlawan Lingkungan Gampong Jawa Kota Banda Aceh

Nurlaili, 160402063 (2021) Urgensi Bimbingan Karir Bagi Anak yang Bekerja Sebagai Pemulung di Taman Edukasi Pahlawan Lingkungan Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Urgensi Bimbingan Karir Bagi Anak yang Bekerja Sebagai Pemulung di Taman Edukasi Pahlawan Lingkungan Gampong Jawa Kota Banda Aceh]
Preview
Text (tentang Urgensi Bimbingan Karir Bagi Anak yang Bekerja Sebagai Pemulung di Taman Edukasi Pahlawan Lingkungan Gampong Jawa Kota Banda Aceh)
Nuralili, 160402063, FDK, BKI, 082277279832.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Urgensi Bimbingan Karir bagi Anak yang Bekerja Sebagai Pemulung di Taman Edukasi Pahlawan Lingkungan Gampong Jawa Kota Banda Aceh”. Taman Edukasi Pahlawan Lingkungan hadir untuk untuk membina anak yang bekerja sebagai pemulung dan anak dari keluarga yang kurang mampu untuk dididik, dilatih dengan harapan anak dapat mengembangkan potensinya serta meningkatkan kesejahteraan anak-anak tersebut, agar mereka kelak menjadi anak yang unggul, sejahtera lahir dan batin. Idealnya pembinaan tersebut telah direncanakan atau dipersiapkan jauh hari lewat program-program dengan capaian indikator yang jelas, namun kenyataanya kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan tersebut tidak terencana dan bersifat insidensial (tidak terencana). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan taman edukasi pahlawan lingkungan dalam membantu pengenalan karir terhadap anak yang bekerja sebagai pemulung di gampong jawa, Kendala yang dialami oleh pahlawan lingkungan dalam membantu pengenalan karir terhadap anak yang bekerja sebagai pemulung di gampong jawa dan urgensi bimbingan karir terhadap anak yang bekerja sebagai pemulung di taman edukasi pahlawan lingkungan. Untuk mendapatkan informasi yang dinginkan, maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan sample dengan menggunakan teknik purposive sampling, terdapat 10 (sepuluh) orang dengan pertimbangan dan ketentuan tertentu yang dipilih oleh peneliti sendiri. Adapun Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang telah dilakukan taman edukasi pahalawan lingkungan dalam pengenalan karir adalah mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan, memberikan pelatihan keterampilan dan memotivasi anak. Dalam upaya tersebut taman edukasi mengalami kendala yaitu kurangnya relawan dan keterbatasan alat dalam belajar. Sehubung dengan itu bimbingan karir sangat dibutuhkan oleh anak yang bekerja sebagai pemulung untuk mempermudah anak menemukan bakat, minat dan potensi yang ada pada dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurlaili Nur
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:16
Last Modified: 08 Mar 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item
View Item