Upaya Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Agama (Studi Di Gampong Meunasah Pupu Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya)

Ridhatun Nisa, 150402027 (2020) Upaya Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Agama (Studi Di Gampong Meunasah Pupu Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Upaya Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Agama  (Studi Di Gampong Meunasah Pupu Kecamatan Ulim  Kabupaten Pidie Jaya)]
Preview
Text (Upaya Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Agama (Studi Di Gampong Meunasah Pupu Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya))
Ridhatun Nisa, 150402027, FDK, BKI, 085277929046.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Agama (Studi di Gampong Meunasah Pupu Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya). Kurangnya pamahaman anak dalam bidang ilmu agama, hal ini disebabkan oleh belum ada ketertarikan dalam mempelajari ilmu agama karena kurangnya motivasi dari orang tua terhadap anak. Seharusnya orang tua selain mengantar ke tempat pengajian juga berperan dalam memotivasi maupun mengontrol anak dalam belajar agama seperti memastikan bahwa anak-anak mereka ketika ke tempat pengajian benar-benar belajar dengan meminta mereka mengulang dan menceritakan kembali pelajaran yang dipelajarinya ketika kembali ke rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pemahaman orang tua tentang motivasi anak belajar agama, (2) upaya orang tua dalam memotivasi anak belajar agama dan (3) kendala yang dihadapi orang tua dalam memotivasi anak belajar agama. Metode penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian langsung pada objek penelitian. Subjek dari penelitian ini sebanyak lima keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak di Gampong Meunasah Pupu Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya. Adapun teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian di Gampong Meunasah Pupu Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya menunjukkan bahwa masih kurangnya upaya yang diberikan oleh orang tua dalam memotivasi anaknya dalam hal belajar ilmu agama, hal ini disebabkan karena mereka sibuk bekerja untuk mencari nafkah untuk keluarga dan mereka hanya memiliki sedikit waktu saja dengan anak mereka. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) responden memahami tentang motivasi yang harus di berikan orang tua untuk memotivasi anaknya belajar agama, (2) orang tua juga setuju dengan adanya motivasi yang diberikan oleh orang tua sangat berpengaruh bagi anak-anak mereka dalam hal belajar agama, (3) kendala yang dihadapi oleh setiap orang tua berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh karakter anak yang berbeda-beda. Orang tua hendaknya lebih memotivasi amaknya untuk belajar agama, begitupun dengan anak agar lebih giat dalam hal belajar agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Orang Tua dan Motivasi Anak Belajar Agama
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ridhatun Nisa
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:01
Last Modified: 08 Mar 2021 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16321

Actions (login required)

View Item
View Item