Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN Bungcala Aceh Besar

Maulina, 201223365 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV MIN Bungcala Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Maulina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini cenderung berpusat pada guru, dimana guru mentransfer pengetahuan yang dimiliki ke pikiran siswa dan siswa menerimanya dengan pasif. Hal ini juga terjadi di MIN Bungcala, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Salah satu contohnya dalam penyelesaian soal operasi hitung yang berkaitan dengan masalah sehari- hari. Adakalanya siswa menjawab soal dengan benar namun mereka tidak dapat mengungkapkan alasan atas jawaban mereka. Hal ini disebabkan karena siswa kurang diberi kesempatan untuk berpikir dan mengungkapkan ide-ide serta menulis dengan bahasa yang benar. Peneliti mencoba menerapan model pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dan mengefektifkan proses pembelajaran. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Bungcala Aceh Besar yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Soal tes untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktivitas guru pada siklus I yaitu 57,33%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 74,66%, dan meningkat pada siklus III dengan persentase 93,33%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 74%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 88% dan meningkat pada siklus III dengan persentase 94%. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 56%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 68%, dan meningkat pada siklus III menjadi 84%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada siklus I, II dan III mengalami peningkatan. Aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write pada siklus I, II dan III mengalami peningkatan. Hasil belajar Matematika siswa kelas IV MIN Bungcala Aceh Besar pada siklus I, II dan III mengalami peningkatan secara signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2.Nida Jarmita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Pembelajaran, Belajar, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 17 Nov 2017 09:07
Last Modified: 17 Nov 2017 09:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item
View Item