Penerapan Model LSQ Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTsN

Hermalina Yanti, 160205015 (2021) Penerapan Model LSQ Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTsN. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Penerapan Model LSQ Terhadap Kemampuan  Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTsN]
Preview
Text (Penerapan Model LSQ Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTsN)
Hermalina Yanti, 160205015, FTK, PMA, 081396493170.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam
pembelajaran matematika, karena dengan memahami konsep siswa dapat
mengembangkan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Model Learning Start with a Question merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep karena model ini memilik 5 tahap yaitu tahap pemahaman, tahap pertanyaan, tahap diskusi, tahap pembahasan dan tahap latihan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model (LSQ) dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN 1 Gayo Lues. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen yaitu Quasi Eksperimental Design. Sedangkan rancangan yang digunakan adalah rancangan pretest-posttest control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Gayo Lues. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu: VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung=4,46 dan t_tabel=1,68, sesuai dengan kriteria pengujian maka tolak H_0 jika t_hitung>t_tabel dalam hal ini maka H_1diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Start with a Question lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M. Kes Pembimbing II : Kamarullah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Start with a Question, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hermalina Yanti
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:40
Last Modified: 10 Mar 2021 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16374

Actions (login required)

View Item
View Item