Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Manggeng Aceh Barat Daya

Nur Rahmah Mus, 441307502 (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Manggeng Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Manggeng Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Manggeng Aceh Barat Daya)
Nur Rahmah Mus, 441307502, FDK, PMI, 082273314668.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Manggeng Aceh Barat Daya” menelaah bagaimana persepsi dan penilaian masyarakat terutama pasien yang membutuhkan perawatan di Puskesmas. Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk pelayanan serta bagaimana persepsi masyarakat terhadap pelayan di Puskesmas Manggeng Aceh Barat Daya. Metodologi yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) .Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu sebuah pendekatan untuk mendapatkan data yang mendalam yang merupakan suatu nilai di balik data yang tampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pelayanan Puskesmas Manggeng meliputi pelayanan tulisan yakni administrasi kesehatan, pelayanan lisan yaitu sapa dan keramahan tenaga kerja serta pelayanan perbuatan meliputi rawat jalan dan rawat inap. Pelayanan rawat jalan yang dibuka dari hari Senin hingga hari Jum’at, sedangkan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dibuka 24 jam. Untuk pelayanan rawat inap, Puskesmas Manggeng menyediakan 5 ruang rawat inap yang dilengkapi fasilitas sesuai dengan kebutuhan pasien. Bagi pasien rawat jalan, Puskesmas Manggeng juga menyediakan beberapa Poli, seperti Poli Umum, Poli Gigi, Poli Gizi dan Imunisasi. Adapun persepsi pelayanan Puskesmas Manggeng menurut masyarakat bervariasi yaitu sebagian merasa tidak puas dan masih jauh dari pelayanan yang optimal, hal ini dikarenakan tidak lengkapnya fasilitas serta kurang ramahnya tenaga kesehatan dalam melayani pasien. Sementara itu sebagian masyarakat berpersepsi pelayanan Puskesmas Mangeng telah baik dan memuaskan karena telah melayani pasien sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Perbedaan persepsi ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, fasilitas, suasana hati dan pengalaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat, Pelayanan, Puskesmas
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Rahmah Mus
Date Deposited: 16 Mar 2021 03:04
Last Modified: 16 Mar 2021 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16442

Actions (login required)

View Item
View Item