Nurbayani Ali, 2009107302 (2020) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Kuliah Ilmu Akhlak Pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Aktual, 6 (2): 7. pp. 165-182. ISSN 2461-1344
Artikel Nurbayani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (421kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah menganalis bagaimana proses pembelajaran Ilmu Akhlak selama Pandemi Covid-19 yang dilakukan dalam jaringan (daring). Penelitian ini diadakan pada Prodi Pendidikan Kimia (PKM) selama bulan November 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan intrumen wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah Ilmu Akhlak unit 02 dan analisis data dokumentasi pada Google Classroom. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran Ilmu Akhlak dengan sistem daring sudah dijalankan sesuai dengan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS). Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran Classroom dan google meet yang dijalankan oleh dosen bersama mahasiswa melalui langkah-langkah sebagai berikut: membuat kontrak belajar, mengirim materi setiap pertemuan, memberikan tugas- tugas terstruktur, tugas mandiri, mengadakan ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu bahwa pembelajaran akhlak menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan perkuliahan dosen telah mempraktikkan transformasi nilai pada aspek pengetahuan yaitu a. Menghafal konsep, (knowledge); b. menerangkan konsep, menafsirkan konsep (comprehension); c. Mengaplikasikan konsep dalam situasi baru (application),; d. memecahkan masalah berdasarkan teori yang telah ada (analisis), e. Kemampuan menyatukan unsur-unsur kepada bagian yang utuh atau inovasi baru; f. Menilai baik buruk suatu perbuatan (evaluatif).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurbayani Ali |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 09:15 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 09:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16454 |