Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Media Poster pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI IPA MAN 1 Pidie Jaya

Muhammad Ghafar, 140207157 (2020) Kemampuan Komunikasi Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Media Poster pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI IPA MAN 1 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Poster dan Model Pembelajaran Think Talk Write]
Preview
Text (Membahas tentang Media Poster dan Model Pembelajaran Think Talk Write)
Muhammad Ghafar, 140207157, FTK, PBL,082165133388.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kurangnya kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran adalah salah satu faktor utama yang akan berdampak pada lemahnya hasil belajar siswa. Kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran biologi di MAN 1 Pidie Jaya setelah di observasi tergolong masih kurang, siswa terlihat kurang aktif dalam hal berdiskusi, seperti mengungkapkan argumen, bertanya atau menjawab pertanyaan. Ditambah lagi siswa juga jarang menulis untuk mencatat poin-poin dalam pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan guru biologi 60% siswa tidak mencapai KKM ketika diadakan evaluasi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran TTW dan media poster. Penelitian ini menggunakan rancangan pre eksperimen dengan model the one group pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 dengan jumlah 20 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan atau observasi untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa dan tes pilihan ganda sebanyak 30 soal untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Kemampuan komunikasi siswa dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, sementara hasil belajar siswa di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data diperoleh bahwa kemampuan komunikasi siswa tergolong kategori tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori sedang, (thitung = 18,17  ttabel = 2,845).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M. Ed. St. 2. Eva Nauli Taib, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write (TTW), Media Poster
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 571 Fisiologi dan Subjek berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Ghafar Muhammad
Date Deposited: 23 Mar 2021 03:09
Last Modified: 23 Mar 2021 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16458

Actions (login required)

View Item
View Item