Analisis Dampak Praktik Rentenir Terhadap Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah

Hafizatun Nisa, 150602039 (2020) Analisis Dampak Praktik Rentenir Terhadap Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Analisis  Dampak Praktik Rentenir Terhadap    Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Bintang  Kabupaten Aceh  Tengah]
Preview
Text (Analisis Dampak Praktik Rentenir Terhadap Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah)
Hafizatun Nisa, 150602039, FEBI, ES, 082219133292.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sulitnya mengakses keuangan mengakibatkan rentenir marak terjadi di Kecamatan Bintang sehingga masyarakat memilih rentenir untuk memperoleh modal, mengingat rentenir memiliki proses, syarat dan juga tanpa jaminan sehingga lebih memudahkan masyarakat mengambil pinjaman dibandingkan dengan lembaga formal lainnya yang dianggap memiliki prosedur rumit dan membutuhkan waktu. Selain itu, keterpaksaan membuat masyarakat memilih rentenir sebagai solusi untuk mendapatkan modal cepat. Walaupun masyarakat mengetahui rentenir bertentangan dengan syariat dan dilarang dalam islam karena termasuk riba. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang dampak praktik rentenir terhadap ekonomi masyarakat di Kecamatan Bintang kabupaten Aceh Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah snowball sampling. Subjek penelitian ini berfokus pada pengguna jasa rentenir. Objek dari penelitian ini adalah dampak praktek rentenir yang berhubungan dengan masalah ekonomi masyarakat. Informan penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan jasa rentenir. berjumlah 16 (enam belas) orang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunkan metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan pendapatan yang diperoleh tidak mengalami peningkatan bahkan berkurang, produksi dan konsumsi juga mengalami hambatan berupa kesullitan peminjam untuk memenuhi kebutuhan berdagang bahkan kebutuhan sehari-hari, kehilangan mata pencaharian serta rentenir menimbulkan kezaliman ekonomi sehingga mengakibatkan masyarakat sulit terlepas dari jerat kemiskinan dan mencapai kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Adnan, S.E., M. Si 2. Wahyu Mulyani Benti Saidan., M.Econ
Uncontrolled Keywords: Rentenir, Masyarakat, Ekonomi.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Hafizatun Nisa
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:41
Last Modified: 17 Mar 2021 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16483

Actions (login required)

View Item
View Item