Pengembangan Media Boneka Tangan Karakter Ganda Untuk Menstimulus Perkembangan Bahasa Ekspresif

Diana Putri, 160210023 (2021) Pengembangan Media Boneka Tangan Karakter Ganda Untuk Menstimulus Perkembangan Bahasa Ekspresif. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Boneka Tangan Karakter Ganda  Untuk Menstimulus Perkembangan Bahasa Ekspresif]
Preview
Text (Pengembangan Media Boneka Tangan Karakter Ganda Untuk Menstimulus Perkembangan Bahasa Ekspresif)
Diana Putri, 160210023, FTK, PIAUD, 081263156836.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Boneka tangan karakter ganda merupakan hasil pengembangan media boneka tangan biasa menjadi boneka tangan baru yaitu boneka tangan karakter ganda. Boneka tangan karakter ganda adalah media atau alat bantu dalam pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru atau orang dewasa lainnya dengan menggunakan metode bercerita yang banyak memiliki manfaat salah satunya mengembangkan aspek kebahasan, terutama bahasa ekspresif anak. Berbahasa ekspresif adalah bahasa yang mencakup kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali yang diketahui, belajar bahasa pragmatic, mengekspresikan perasaan, ide, dan keinginan dalam bentuk coretan. Permasalahan yang terkait dalam penelitian ialah kurang bervariasinya penggunaan media yang menyebabkan kurang maksimalnya perkembangan bahasa ekpresif anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahu kelayakan pengembangan media boneka tangan karakter ganda untuk menstimulus perkembangan bahasa ekspresif anak serta mengetahui respon anak terhadap media yang digunakan yang menstimulus perkembangan bahasa ekspresif. Penelitian ini kemudian melakukan pengembangan terhadap media dengan menggunakan metode Reseach and Development (R&D) yang mengadaptasi model Borg and Gall yaitu melalui 7 tahapan, diantaranya; 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk awal 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk awal. Hasil dari penelitian ini menunjukan kelayakan penggunaan media dan materi yang digunakan untuk anak usia 4-5 tahun dengan kategori sangat layak, serta media tersebut dapat menstimulus perkembangan bahasa ekspresif anak dengan kategori layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Diana Putri
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:30
Last Modified: 19 Mar 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16535

Actions (login required)

View Item
View Item