Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding

Masrura, 160205103 (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Penerapan Strategi Scaffolding)
Masrura, 160205103, FTK, PMA, 085361953753.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan dalam menyelesaikan persoalan matematika. Faktanya kemampuan tersebut belum optimal. Salah satu cara untuk menggali dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan strategi scaffolding. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan pola untuk membangun kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui penerapan strategi scaffolding. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak dua orang, terdiri dari siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 6 Banda Aceh yang dipilih berdasarkan nilai matematika pada rapor yang tertinggi dan yang terendah. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis, wawancara, dan alat perekam. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan serta triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kemampuan kategori cukup kreatif (50%), setelah pemberian strategi scaffolding dalam hal ini yaitu pemberian dominan checking kemampuan siswa menjadi kreatif (75%). Selanjutnya, untuk siswa yang tidak kreatif (0%), setelah pemberian scaffolding dalam hal ini dominan intervensi kemampuan siswa menjadi cukup kreatif (41,6%). Sehingga dapat disimpulkan pemberian scaffolding dapat menjadikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menjadi lebih baik; (2) Kemampuan berpikir kreatif dari kedua subjek dapat meningkat dengan menggunakan strategi scaffolding. Adapun untuk siswa dengan kemampuan cukup kreatif memerlukan scaffolding dengan sekali intervensi pada proses penyelesaiannya. Selanjutnya siswa dengan kategori tidak kreatif memerlukan scaffolding dengan intervensi dan checking sebanyak dua sampai tiga kali pada proses penyelesaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Masrura Masrura
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:19
Last Modified: 22 Mar 2021 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16556

Actions (login required)

View Item
View Item