Analisis Produktivitas Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Rukoh)

Haura Faradilla Putri, 150602205 (2020) Analisis Produktivitas Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Rukoh). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Analisis Produktivitas Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan  dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Rukoh]
Preview
Text (Analisis Produktivitas Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Pendapatan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Rukoh)
Haura Faradilla Putri, 150602205, FEBI, ES, 085372500674.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya produktivitas yang dilakukan oleh pedagang pasar Rukoh Kecamatan Syiah Kuala dalam meningkatkan pendapatan dan penerapan ekonomi Islam terhadap produktivitas yang dilakukan oleh pedagang pasar Rukoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan. Informan penelitian terdiri dari 27 orang pedagang. Teknik pengumpulan dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa upaya produktivitas yang dilakukan oleh pedagang pasar Rukoh Kecamatan Syiah Kuala dalam meningkatkan pendapatan dalam bidang modal ialah meningkatkan jumlah modal sebanyak-banyak baik dari hasil usaha maupun melalui peminjaman dari pihak lain seperti bank syariah. Jenis usaha yang dikelola juga beragam untuk meningkatkan pendapatan. Para pedagang memiliki lama usaha yang berbeda bahkan sudah memulai usahanya sejak pasar Rukoh didirikan hingga saat ini. Begitu juga jam kerja yang dimanfaatkan bahkan melebihi ketentuan standar yang telah ditetapkan dalam perdagangan pasar. Produktivitas yang dilakukan oleh pedagang pasar Rukoh sebagaian sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam baik dilihat dari modal usaha, lama usaha dan jenis usaha. Namun, jika dilihat dari jam kerja para pedagang pasar Rukoh masih sering mengabaikan kewajibannya kepada Allah Saw, karena dilalaikan oleh aktivitas perdagangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Nilam Sari, Lc., M.Ag 2. Kamal Fachrurrozi, SE.,
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, Pedagang, Pendapatan, Ekonomi Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Haura Faradilla Putri Haura
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:35
Last Modified: 22 Mar 2021 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16563

Actions (login required)

View Item
View Item