Pengolahan Pohon Rumbia untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga di Gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan

Maria Surtipa, 160404032 (2021) Pengolahan Pohon Rumbia untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga di Gampong Ujung Pasir Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengolahan Pohon Rumbia untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga]
Preview
Text (Tentang Pengolahan Pohon Rumbia untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga)
Maria Surtipa, 160404032, FDK, PMI, 082272931918.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pohon rumbia merupakan sumber daya alam yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia,diantaranya manfaatnya yaitu diolah menjadi sagu dan daunnya dapat menjadi atap rumah. Pohon rumbia juga dapat menghasilkan pendapatan bagi masyarakat khususnya di Gampong Ujung Pasir. Pohon rumbia sudah ada di Gampong Ujung Pasir sejak tahun 1978 sampai sekarang. Dalam upaya meningkatkan kemampuan dan potensi yang dimiliki masyarakat sehingga masyarakat dapat mewujudkan jati diri dan mengembangkan diri di bidang ekonomi, sosial, agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme persoalan pohon rumbia dalam meningkatkan perekonomian. Penelitian ini mengunakan metode penelitian dengan teknik analisi deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan Dokumentasi,observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa mekanisme pengolahan pohon rumbia di Gampong Ujung Pasir diambil dari pohon rumbia milik sendiri, milik orang lain, dan milik Gampong dengan perjanjian bagi hasil, hasil pengolahan daun rumbia menjadi tambahan pendapatan bagi warga. Adapun kondisi perekonomian di Gampong Ujung Pasir mejadi lebih baik setelah melakukan pengolahn pohon rumbia yang mendapatkan tambahan pendapatan untuk membantu kebutuhan sehari-hari. Adapun kendalanya adalah dari hasil pengolahan itu sendiri yang tidak adanya rotan ketika ingin melakukan penganyaman dan pendapatan perhari tidak selalu diberikan haruslah menunggu satu minggu atau lebih untuk mendapatkan uang dari hasil pengolahan daun rumbia tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Maria Surtipa Maria
Date Deposited: 29 Mar 2021 02:14
Last Modified: 29 Mar 2021 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item
View Item