Mekanisme Pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bi Al-Tamlik (IMBT) Mikro Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh

Lely Susaiki, 150601137 (2019) Mekanisme Pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bi Al-Tamlik (IMBT) Mikro Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Mekanisme Pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bi Al-Tamlik (IMBT) Mikro Pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh]
Preview
Text (Tentang Mekanisme Pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bi Al-Tamlik (IMBT) Mikro Pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh)
Lely Susaiki, 150601137, FEBI, D-III PS, 082275943161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penyusunan Laporan Kerja Praktik ini berdasarkan kegiatan kerja praktik pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh yang beralamat di Jalan T. Daud Beureueh Lamprit selama 30 hari kerja yang dimulai dari tanggal 13 September 2018 sampai dengan tanggal 24 Oktober 2018. Selama melakukan kerja praktik penulis mengamati berlangsungnya pelayanan yang diberikan oleh setiap karyawan kepada nasabah. Salah satu layanan yang diberikan untuk memudahkan nasabah pembiayaan mikro adalah Ijarah Muntahiyah Bi Al-Tamlik (IMBT) mikro yang merupakan pemberian pembiayaan kepada nasabah dalam rangka sewa menyewa dengan opsi pengalihan kepemilikan diakhir masa pembiayaan. Dengan adanya layanan ini maka dapat membantu masyarakat yang tidak mempunyai dana untuk membangun sebuah usaha dagang, baik itu pedagang menengah maupun pedagang kecil. Adapun tujuan dari penulis Laporan Kerja Praktik (LKP) ini adalah untuk mengetahui manfaat dari pembiayaan IMBT mikro, risiko dari pembiayaan IMBT mikro, dan untuk mengetahui Mekanisme Pembiayaan IMBT mikro. dapat disimpulkan bahwa Pembiayaan IMBT mikro merupakan akad pembiayaan dalam rangka sewa menyewa dengan opsi pengalihan kepemilikan di akhir masa pembiayaan. Pembiayaan IMBT mikro memiliki beberapa manfaat bagi BRISyariah dan nasabah. Untuk mengetahui mekanisme pembiayaan IMBT mikro pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh dapat dilakukan dengan skema pembiayaan IMBT, melengkapi dan mengikuti ketentuan umum pembiayaan IMBT mikro. Adapun risiko pembiayaan IMBT mikro pada PT. BRISyariah Kantor Cabang Banda Aceh yaitu hilangnya pendapatan sewa. Disisi biaya, bank harus menanggung biaya penyusutan dan biaya PPAP piutang ijarah. Sedangkan, risiko bagi nasabah adalah ketika sudah mengambil pembiayaan pada BRISyariah untuk mengembangkan usahanya, akan tetapi usaha tersebut tidak berjalan sesuai harapan atau tidak berkembang maka akan terjadi pembayaran tidak lancar. Dikarenakan banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui adanya layanan ini. Maka diharapkan PT. BRISyariah untuk lebih giat dalam mensosialisasikan tentang adanya kehadiran layanan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Lely Susaiki Lely
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:06
Last Modified: 29 Mar 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16648

Actions (login required)

View Item
View Item