Pola Transaksional Orangtua dengan Anak dalam Rangka Pencegahan Dekadensi Moral (Studi Deskriptif Analisis di Desa Rantau Selamat, Kabupaten Nagan Raya)

Nadia Musyarofah, 150402056 (2021) Pola Transaksional Orangtua dengan Anak dalam Rangka Pencegahan Dekadensi Moral (Studi Deskriptif Analisis di Desa Rantau Selamat, Kabupaten Nagan Raya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Transaksional yang terjadi antara anak dan orangtua di Desa tersebut mengunakan pola transaksional I'm not oke-You're not oke.]
Preview
Text (Pola Transaksional yang terjadi antara anak dan orangtua di Desa tersebut mengunakan pola transaksional I'm not oke-You're not oke.)
Nadia Musyarofah, 150402056, FDK, BKI, 082361685878.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Dekadensi moral adalah kemerosotan atau menurunnya moral pada seseorang. Kenakalan yang terjadi pada anak remaja di Desa Rantau Selamat menyebabkan keluarga mengalami ketidakfungsian dalam mendidik anak, Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Kondisi akhlak dan perilaku anak, (2) Upaya orangtua dalam mencegah dekadensi moral anak, (3) Pola transaksional orangtua dan anak, dan (4) Pola transaksi orangtua dan anak dalam rangka mencegah dekadensi moral. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 20 responden. Teknik pemilihan subjek dilakukan secara purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah hubungan transaksional yang dilakukan orangtua adalah transaksi I’m not Oke-you’re not Oke, dimana orangtua sibuk dengan pekerjaan, percerain antara orangtua, sehingga hubungan komunikasi menjadi tidak efektif, Kondisi akhlak anak remaja hampir keseluruhan berakhlak buruk, dan upaya orangtua dalam mencegah terjadinya dekadensi moral anak belum diterapkan secara optimal, sehingga pola transaksional yang terjadi adalah I’m not Oke-You’re not Oke.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology, Causation, Humankind (Epistemologi, Hukum Sebab Akibat, Kemanusiaan)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nadia Musyarofah Nadia
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:27
Last Modified: 01 Apr 2021 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16712

Actions (login required)

View Item
View Item