Pemikiran Abdullah Ahmed An-Nai'm tentang Relasi Islam dan Negara

Zulhelmi, 2010078103 (2021) Pemikiran Abdullah Ahmed An-Nai'm tentang Relasi Islam dan Negara. UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN_18.pdf]
Preview
Text
BUKU UNTUK PERPUSTAKAAN_18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku ini awalnya merupakan disertasi yang ditulis di bawah bimbingan Prof. M. Din Syamsuddin, MA. Ph.D. dan Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA., serta dipertahankan dalam tahapan ujian-ujian di Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Secara tematis, buku ini fokus pada pemikiran politik Islam sebagai bidang studi keilmuan. Dalam kerangka bidang studi inilah buku yang ada ditangan pembaca ini menelaah pemikiran ‘Abdullahi Ahmed an-Na‘im tentang hubungan Islam dan negara dalam karyanya Islam and the Secular State.
Pemikiran tentang relasi Islam dan negara dalam studi pemikiran politik Islam telah menuai kritik karena seolah-olah cenderung terkungkung pada tiga teori paradigmatik. Selain itu, diskusi tema tersebut juga dipandang cenderung kurang memiliki nilai guna praksis terhadap pengembangan politik praksis masyarakat Islam. Namun, buku ini tak sependapat dengan kritikan tersebut. Melalui pengkajian terhadap pemikiran ‘Abdullahi Ahmed an-Na‘im dalam karyanya Islam and the Secular State, buku ini mengklaim bahwa dimensi pemikiran politik Islam tentang relasi Islam dan negara sangat
iv
luas dan dinamis. Elaborasi pemikiran teologis-filosofis dengan pemikiran positivistik (positivisme) berimplikasi terhadap lapangan studi pemikiran politik Islam.
Penulis sangat berterima kasih kepada keluarga, para Guru Besar, dan sahabat sehingga buku ini selesai dikerjakan dan dapat diterbitkan. Pertama-tama penulis berterima kasih pada Prof. M. Din Syamsuddin dan Prof. Azyumardi Azra karena kerangka dasar pemikiran buku ini tak terlepas dari arahan dan bimbingan keduanya. Di tengah-tengah wabah Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, dan ditengah-tengah berbagai aktifitas dan kesibukannya, kedua Guru Besar ini meluangkan waktu dan pemikirannya guna mengarahkan dan memberi masukan terhadap pengembangan subtansi buku ini. Penulis juga sangat berterimakasih kepada Prof. Dr. Phil. Asep Saepudin Jahar, MA., (Direktur SPs UINJKT), dan Prof. Dr. Didin Saepuddin, MA. (Ketua Program Doktor SPs) yakni yang juga mengarahkan penulis untuk segera menerbitkan karya ini terutama ke dalam jurnal.
Dalam kesempatan ini pula, penulis patut mengucapkan terimakasih kepada Guru-guru yang juga berkontribusi besar terhadap pengembangan buku ini. Prof. Dr. Mohammad Atho Mudzhar, MSPD., Prof. Dr. Ali Munhanif, MA., Prof. Dr. Iik Arifin Mansurnoor, MA., Prof. Dr. Zainul Kamal, MA., Prof. Dr. Hamdani Anwar, MA., Prof. Dr. Abudin Nata, MA., Dr. Muhbib Lc. MA., Prof. Dr. Masykuri Abdillah, MA., Prof. Dr. Jamhari, MA., Prof. Dr. Azis Dahlan, MA., Prof. Dr. Rodoni, MA., Prof. Dr. Fathurrahman Jamil, MA. Prof. Dr. Syukron Kamil, MA., (alm) Prof. Dr. Suwito, MA. Prof. Dr. Said Aqil Munawar, MA. Almarhum Prof. Dr. M. Bambang Pranowo, MA. Dr. Fuad Jabali, MA. dan Dr. Yusuf Rahman, MA. Masing-masing para Guru Besar ini memiliki kontribusi yang signifikan dalam sejarah isi naskah buku ini. Tak lupa penulis berterimakasih kepada Prof. Drs. Yusni Saby, MA. dan Prof. Dr. M. Hasbi Amiruddin, MA., dua Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang mengantar penulis hingga karya ini diterbitkan.

Item Type: Book
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Zulhelmi Zulhelmi
Date Deposited: 08 Apr 2021 08:15
Last Modified: 08 Apr 2021 08:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16785

Actions (login required)

View Item
View Item