Analisis Pelayanan Transportasi Laut Di Kabupaten Simeulue Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran (Analisis Berdasarkan Konsep Islam)

Rahmat Ilham, 150106018 (2020) Analisis Pelayanan Transportasi Laut Di Kabupaten Simeulue Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran (Analisis Berdasarkan Konsep Islam). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Analisis Pelayanan Transportasi Laut Di Kabupaten Simeulue Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran (Analisis Berdasarkan Konsep Islam)]
Preview
Text (Analisis Pelayanan Transportasi Laut Di Kabupaten Simeulue Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran (Analisis Berdasarkan Konsep Islam))
Rahmat Ilham, 150106018, FSH, IH, 085270878100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buruknya pelayanan transportasi laut yang ada di Kabupaten Simeulue menjadi masalah yang sangat rumit dan di lematis bagi para pengguna jasa dikarenakan lemahnya aturan dan pengawasan dari Pemerintah terhadap penyedia jasa yang tidak memperhatikan standar kelayakan, kenyamanan, dan keselamatan terhadap penumpang/pengguna jasa sewaktu pelayaran. Kajian ini untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: Pertama, bagaimanakah pelayanan transportasi laut yang ada di Kabupaten Simeulue ditinjau berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. Kedua, bagaimana pendapat pengguna jasa transportasi laut di Kabupaten Simeulue tentang kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT ASDP Indonesia ferry. Ketiga, bagaimanakah pelayanan yang sesuai dengan standar di dalam konsep Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskritif analisis dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data dari responden penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara langsung (guidance interview). Perolehan data kemudian diolah dan disusun menjadi suatu pembahasan deskripsi ke dalam bentuk tabulasi. sedangkan teknik pengumpulan data penulis dapatkan melalui penggabungan antara library research dan field research. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan transportasi laut yang ada di Kabupaten Simeulue masih belum sesuai dengan ketentuan yang di amanahkan di dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran maupun peraturan pemerintah terkait. Hal ini dibuktikan dengan tidak sesuainya pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa terhadap pengguna jasa, seperti ketidaknyamanan selama pelayaran, minimnya fasilitas keamanan dan keselamatan didalam kapal, hingga tidak sesuainya harga tiket, dan masalah ketepatan waktu. Begitu juga dengan tanggapan pengguna jasa yang merasa kecewa terhadap penyedia jasa atas layanan yang diberikan yang sifatnya tidak berpihak pada perlindungan hak-hak konsumen, demikian juga apabila ditinjau berdasarkan dengan konsep Islam maka pelayanan transportasi yang ada di Kabupaten Simeulue masih belum sesuai sebagaimana dengan konsep Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Armiadi Musa, S.Ag., MA., Pembimbing II : Rispalman, SH., MH
Uncontrolled Keywords: pelayanan, jasa, standar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Rahmat Ilham
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:39
Last Modified: 08 Apr 2021 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item
View Item