Pengaruh Harga, Tempat, Produk dan Pelayanan Pedagang Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Pada Pedagang Rex Peunayong Banda Aceh)

Ira Mulia Safitri, 160602105 (2020) Pengaruh Harga, Tempat, Produk dan Pelayanan Pedagang Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Pada Pedagang Rex Peunayong Banda Aceh). Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Harga, Tempat, Produk dan Pelayanan Pedagang Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi Pada Pedagang Rex Peunayong Banda Aceh))
Ira Mulia Safitri, 160602105, FEBI, ES, 081227891907.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini bisnis kuliner sangat berkembang, baik yang dijual dalam bentuk daring ataupun secara langsung. Salah satu komponen yang penting dalam pemasaran yaitu dapat ditinjau harga, tempat, produk dan dari segi pelayanan yang akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh para pedagang di REX Peunayong Banda Aceh yang akan berpengaruh kepada kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dilihat dari pengaruh harga, kenyamanan tempat, kualitas makanan dan minuman, dan keramahan pedagang terhadap kepuasan konsumen di REX Peunayong Banda Aceh. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan para pengunjung yang membeli makanan dan minuman di REX Peunayong Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Rumus Slovin dimana populasinya adalah seluruh penduduk Kota Banda Aceh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji simultan (uji F), uji parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi (R2).Hasil uji dari masing-masing variabel yaitu harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dikarenakan dari hasil jawaban konsumen menunjukkan bahwa harga masih belum sesuai dengan kualitas makanan dan minuman. Untuk variabel tempat tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dikarena dari hasil jawaban konsumen bahwasanya tempat yang terbuka masih menciptakan kebisingan dan juga tempatnya memiliki bau-bau yang mengganggu kenyamanan konsumen. Untuk variabel produk menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Maka makanan dan minuman di Rex Peunayong sudah memenuhi keinginan dan harapan para konsumen. Untuk variabel pelayanan pedagang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Maka para pedagang di Rex Peunayong sudah menerapkan etika bisnis yang baik dalam menjalankan bisnisnya sehingga konsumen puas atas etika yang dintunjukkan oleh pedagang saat berinteraksi dengan para konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nilam Sari, M.Ag Pembimbing II : Kamal Fachrurrozi, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Harga; Tempat; Produk; Pelayanan Pedagang; Kepuasan Konsumen
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.2 Kondisi Pekerjaan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ira Mulia Safitri
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:14
Last Modified: 09 Apr 2021 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16885

Actions (login required)

View Item View Item
TOP