Standar Pelayanan Publik di Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan

T.M Sazarul Rusla, 140802005 (2020) Standar Pelayanan Publik di Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Standar Pelayanan Publik di Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Tentang Standar Pelayanan Publik di Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan)
T. M Sazarul Rusla, 140802005, FISIP, IAN, 085282985614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Melalui upaya kesehatan seperti yang dicanangkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Institusi pelayanan kesehatan seperti puskesmas, yang merupakan ujung tombak dalam pelayanan langsung kepada masyarakat pengguna layanan dimana pelayanan kesehatan merupakan urusan wajib.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui standar pelayanan publik yang diberikan Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model kualitatif, jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan standar pelayanan publik di Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan, yang dilihat menggunakan 6 (enam) standar pelayanan publik yaitu prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan, dan kompetensi petugas pemberi layanan. Dari keenam standar di atas sudah terdapat beberapa upaya penerapanan standar pelayanan publik yang telah dilakukan di Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan namun masih terdapat beberapa kekurangan, Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan standar pelayanan publik di Puskesmas Sawang Kabupaten Aceh Selatan belum cukup baik, karena masih terdapat kekurangan dalam standar yaitu keterbatasan sarana, alat medis dalam pelayanan dan standar kompetensi petugas pemberi layanan yaitu masih terdapat perawat yang belum sepenuhnya tepat waktu dan belum memiliki kemampuan atau keahlian dari tugasnya dikarenakan beberapa faktor antaranya: Pendidikan yang tidak sesuai, pegawai sering mengantikan tugas piketnya dengan para tenaga honorer, pelatihan yang masih minim yang berikan baik itu dari puskesmas maupun dinas kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: T. M Sazarul Rusla Muhammad
Date Deposited: 09 Apr 2021 05:15
Last Modified: 09 Apr 2021 05:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item
View Item