Peran Badan Usaha Milik Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Menurut Perspektif Maqasyid Syari’ah (Studi pada Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar)

Asnaini. S, 160602203 (2020) Peran Badan Usaha Milik Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Menurut Perspektif Maqasyid Syari’ah (Studi pada Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Peran Badan Usaha Milik Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Menurut Perspektif Maqasyid Syari’ah]
Preview
Text (Tentang Peran Badan Usaha Milik Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Menurut Perspektif Maqasyid Syari’ah)
Asnaini. S, 160602203, FEBI, ES, 085215952900.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang tujuan pengaturan desa dibentuk untuk memajukan perekonomian masyarakat desa serta mengatasi kesejahteraan pembangunan nasional. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), yang di Aceh disebut dengan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui peran dan kontribusi BUMG terhdap kesejahteraan masyarakat ditinjau menurut perspektif maqasyid syari’ah (Studi pada Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yang bertepatan di Gampong Blang Krueng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pengelolaannya BUMG mendirikan unit-unit usaha. Unit usaha tersebut memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan. BUMG tersebut mampu menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan potensi yang dimiliki gampong dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kesejahteraan masyarakat dapat ditinjau dengan terlaksanakannya unsur-unsur yang terdapat di dalam maqasyid syari’ah seperti terpenuhinya kebutuhan daruriyyat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: 160602203 Asnaini. S
Date Deposited: 16 Apr 2021 02:09
Last Modified: 16 Apr 2021 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16944

Actions (login required)

View Item
View Item