Masa Jabatan Legislatif Yang Tidak Dibatasi Dalam Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) dan Fiqh Siyasah

Usman Fauzi, 140105079 (2020) Masa Jabatan Legislatif Yang Tidak Dibatasi Dalam Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) dan Fiqh Siyasah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Masa Jabatan Legislatif]
Preview
Text (Membahas tentang Masa Jabatan Legislatif)
Usman Fauzi, 140105079, FSH, HTN, 081362841165.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan Negara Demokrasi dan Pemilu merupakan konsep demokrasi yang diyakini sebagai salah satu asas penyelengaraan kepemimpinan. Selama berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam Ketatanegaraan Indonesia memiliki Lembaga Legislatif yang dipilih langsung oleh rakyat selama 5 tahun sekali lembaga inilah yang mengatur dan membuat undang-undang demi tercapainya Demokrasi yang Optimal. Seperti yang diketahui bahwa mengenai Pemilu Anggota Legislatif itu diatur di dalam Undang-Undang Nomor 07 Tahun 2017 tentang Pemilu DPR, DPD dan DPRD dan terkait masa jabatan anggota lembaga perwakilan rakyat tercantum dalam Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Pertanyaannya dalam skripsi ini adalah Bagaimana masa jabatan Legislatif dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) dan Tinjauan terhadap Fiqh Siyasah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif berdasarkan studi pustaka. Adapun hasil penelitian bahwa tidak ada Pembatasan Masa Jabatan Anggota Legislatif dalam hukum positif Indonesia. Hasil tinjauan fiqh siyasah untuk masa jabatan Legislatif atau Majelis Syura dan dikenal dalam terminologi fiqh ahlul halli wal-‘aqd (lembaga penengah dan pemberi ketetapan) tidak ada batasan mengenai masa jabatan. Legislatif dalam Ketatanegaraan Indonesian dan Tinjauan Fiqh Siyasah sama-sama tidak membatasi masa jabatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Saifuddin Sa’dan, S,Ag., M.Ag 2. Muslem, S.Ag., MH
Uncontrolled Keywords: Masa Jabatan, Legislatif dan Fiqh Siyasah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Usman Fauzi
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:39
Last Modified: 16 Apr 2021 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16947

Actions (login required)

View Item
View Item