Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP/MTs Budaya Berbasis Agama Masyarakat Pidie

Raudhya Nafoura, 160205066 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP/MTs Budaya Berbasis Agama Masyarakat Pidie. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi   Datar   di   SMP/MTs   Budaya   Berbasis   Agama Masyarakat Pidie]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP/MTs Budaya Berbasis Agama Masyarakat Pidie)
Raudhya Nafoura, 160205066, FTK, PMA, 08116704141.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB) | Preview

Abstract

Peneliti mendapatkan permasalahan dari hasil observasi di sekolah terhadap pendidik dan peserta didik yakni terdapat situs keagamaan dan kebudayaan pada Masyarakat Pidie yang belum tereksplorasi sehingga tidak termanfaatkan dengan baik sebagai media pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba memberikan solusi melalui pengembangan media pembelajaran matematika budaya berbasis agama pada Masyarakat Pidie berbentuk software Power Point dan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai situs keagamaan dan kebudayaan di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya yang belum tereksplorasi sebagai media pembelajaran matematika di tingkat sekolah menengah pertama pada materi bangun ruang sisi datar, mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbagai materi ajar matematika pada tingkat sekolah menengah pertama yang berbasis agama dan budaya di kedua kabupaten di atas pada materi bangun ruang sisi datar, dan menguji validitas produk pengembangan media pembelajaran dengan materi bangun ruang sisi datar berdasarkan situs budaya yang ada di Pidie dan Pidie Jaya. Dengan rancangan ini, penelitian diawali dengan kegiatan mengeksplorasi dan mengkaji potensi pemanfaatan situs (artifaks) agama dan budaya sebagai media pembelajaran untuk berbagai materi ajar matematika di tingkat sekolah menengah pertama menggunakan metode etnografi (pendekatan kualitatif) dilanjutkan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D) mengikuti model 4D dengan pendekatan kuantitatif pada tahapan uji coba produk. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap menyebaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi. Berdasarkan hasil validasi tahap kualitas isi media pembelajaran diperoleh skor rata-rata 95,36% dengan kriteria “sangat sesuai atau sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian respon guru terhadap media diperoleh rata-rata skor sebesar 4,78 dimana x > 3,25 dengan kriteria “sangat baik”. Pada uji coba kepada peserta didik diperoleh rata-rata skor sebesar 4,58 dimana x > 3,25 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan penilaian tersebut maka media pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar budaya berbasis agama dapat dijadikan sebagai pelengkap bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. Pembimbing II : Kamarullah S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Budaya Berbasis Agama Masyarakat Pidie, Model 4D
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Raudhya Nafoura
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:59
Last Modified: 21 Apr 2021 04:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item
View Item