Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufradat pada Pelajaran ta’bir, Penelitian Exsperimen di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar.

Maulinda, 160202168 (2019) Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufradat pada Pelajaran ta’bir, Penelitian Exsperimen di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan  Siswa dalam Menghafal Mufradat pada Pelajaran ta’bir, Penelitian Exsperimen di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar.]
Preview
Text (Tentang Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufradat pada Pelajaran ta’bir, Penelitian Exsperimen di Pesantren Darul Ihsan Aceh Besar.)
Maulinda, 160202168, FTK, PBA, 08536224836.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan sebuah sarana manusia untuk mengungkapkan apa yang dipikirkan oleh dirinya terhadap orang lain dalam semua situasi kehidupan. Seorang manusia tidak akan sempurna jika hidup tanpa bahasa. Sebuah ungkapan asasnya adalah kosakata. Kosakata adalah elemen bahasa yang penting dalam penggunaan dan kontrol bahasa. Bedasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap proses belajar mengajar pelajaran Ta’bir di dayah Darul Ihsan menemukan bahwa sulit bagi siswa untuk menghafal kosa kata dan ini terbukti dalam kesalahan mereka saat menghafal kosakata . Peneliti juga menemukan faktor lainnya yaitu, bahwa guru dalam pembelajaran ini menggunakan metode ceramah yang menyebabkan kebosanan dalam proses belajar. Karena guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran. Berdasarkan masalah di atas, peneliti ingin menggunakan metode kartu flashcard untuk menjadi referensi guru dan dapat menerapkan metode ini dalam proses pembelajaran agar siswa mampu menguasai dan menghafal kosakata pada pembelajaran ta’bir. Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini ada dua, yaitu: untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan kartu flashcard pembelajaran ta’bir dan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah penggunaan kartu flashcard dalam penguasaan dan penghafalan kosakata. Adapun metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One group – Pretest Postest Design. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan lembar observasi, uji Sign Rank Test. Sedangkan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Darul Ihsan yang berjumlah 508 siswa, dan samplenya adalah kelas IVd yang berjumlah 27 siswa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu flashcard berlangsung dengan sangat baik hal tersebut terlihat pada lembar observasi dimana seluruh kegiatan yang tertera terlaksana dengan baik, penggunaan media flashcard dalam pembelajaran ta’bir efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai dang meghafal kosakata, dimana hasil uji Sign Rank Test memperoleh hasil (4,601) dan tingkat signifikansi (Sig. 2-Tailed) (0,05 < 000.). Ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho tertolak dan hipotesis Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maulinda Maulinda
Date Deposited: 28 Apr 2021 03:31
Last Modified: 28 Apr 2021 03:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17046

Actions (login required)

View Item
View Item