Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Banda Aceh Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak

Indah Winanda, 251324528 (2019) Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Banda Aceh Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa  Kelas X MAN 2 Banda Aceh Pada Materi Hukum Newton  Tentang Gerak]
Preview
Text (Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Banda Aceh Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak)
Indah Winanda, 251324528, FTK, PFS, 082272613783.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah model yang diterapkan oleh seorang guru dalam menyampaikan materi. Hasil observasi awal di MAN 2 Banda Aceh menunjukkan bahwa proses pembelajaran fisika masih dominan dengan metode konvensional; siswa cenderung hanya menerima dan kurang terlibat langsung dalam mencari suatu jawaban dari permasalahan. Akibat dari masalah ini hampir semua siswa tidak mencapai KKM (75), oleh karena itu penulis menerapkan suatu media yang dianggap mampu mengatasi masalah tersebut yaitu Media Animasi. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Hukum Newton di kelas X MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen tipe quasi eksperimendengan pre-test-post-test control group designyang dipilih secara purposive sampling, dengan sampel kelas eksperimen X MIA 2 dan kelas kontrol X MIA 1. Pengumpulan data dengan instrumen tes yaitu soal tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 2,1 > 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media animasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hukum newton tentang gerak di kelas X MAN 2 Banda aceh.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Soewarno, M.Si Pembimbing II : Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hukum Newton Tentang Gerak, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Indah Winanda Indah
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:44
Last Modified: 02 Jun 2021 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17185

Actions (login required)

View Item
View Item