Gaya Komunikasi Penyiar Acara Musik Ngopi Asyik Di Radio Toss FM

Rahma Yanti, 150401021 (2020) Gaya Komunikasi Penyiar Acara Musik Ngopi Asyik Di Radio Toss FM. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Gaya Komunikasi Penyiar Acara Musik Ngopi Asyik  Di Radio Toss FM]
Preview
Text (Gaya Komunikasi Penyiar Acara Musik Ngopi Asyik Di Radio Toss FM)
Rahma Yanti, 150601021, FDK, KPI, 085270102076.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Radio Toss FM dulu hingga sekarang mendapatkan tempat di hati pendengar di era 1971 hingga sekarang ini, Radio Toss FM yang bersegmentasi masyarakat menengah kebawah hingga ke atas, yang dibuktikan dari format musik pop dan Jazz pada era70a menjadi musik dangdut yang banyak digemari orang pada sekarang ini. Penyiar di Radio Toss FM berperang sangat penting untuk memajukan Radio dan menyampaikan pesan berupa hiburan dan informasi, guna menyebar luaskan informasi yang terkini dan masyarakat mendapatkan banyak wawasan. Maka dari itu, gaya komunikasi penyiar dalam pemilihan kata perlu dikuasai oleh penyiar agar pendengar tetap terus mendengarkan penyiar setiap kali on air. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian Field research yang merupakan pencarian data terpusat pada lapangan, karena penelitian yang dilakuan ini menyangkut dengan persoalan atau kenyataan dalam kehidupan masyarakat, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui wawancara offline/online mendalam dan observasi secara langsung di radio Toss FM. hasil dari penelitian ini yaitu Gaya Komunikasi di Radio Toss FM mayoritasnya menyesuaikan dengan pendengar yang di hadapinya. Selain itu, Radio Toss FM juga mengutamakan interaksi langsung kepada penyiar dengan cara membawakan program sesi telepon, sehingga menimbulkan kedekatan dan keakraban penyiar dengan pendengar dengan nyaman. Meskipun hal ini lebih efektif pada program dangdut. Pembawaan penyiar dalam bersiaran cukup bagus dan profesional, dengan teknik santai dan menghibur yang sangat bagus sehingga pendengar dapat dipersuasif. Serta dengan gaya penyiar memiliki suara khas dan berbeda. Ini yang membuat pendengar tertarik kepada penyiar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gaya Komunikasi, Penyiar, Teori Field Research
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahma Yanti
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:36
Last Modified: 03 Jun 2021 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17219

Actions (login required)

View Item
View Item