Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs

Melfa Nurana, 160205060 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning  Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa  SMP/MTs]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs)
Melfa Nurana, 160205060, FTK, PMA, 082221820463.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam mempelajari matematika. Agar dapat menganalisis setiap masalah yang muncul, memecahkan masalah dengan tepat, menilai sesuatu secara kritis dan objektif, serta dapat mengemukakan pendapat maupun idenya secara runtut dan logis. Kenyataannya, kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Plus Ulumul Qur’an Aceh Selatan masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yaitu model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini ialah “untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning”. Rancangan penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain control group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Plus Ulumul Qur’an Aceh Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Adapun pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t independent. Dari hasil penelitian diperoleh t_hitung = 4,68 dengan t_tabel=1,70 yang berarti t_hitung > t_tabel yaitu 4,68 > 1,70, maka tolak H0 dan terima H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan menggunakan model Discovery Learning lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Plus Ulumul Qur’an Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd, Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penalaran Matematis, Model Discovery Learning.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Melfa Nurana Melfa
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:18
Last Modified: 04 Jun 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item
View Item