Pemanfaatan Etnobotani Pada Masyarakat Alue Padee Kecamatan Kuala Batee Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 4 Abdya Kabupaten Aceh Barat Daya

Utami Adiningsih, 140207078 (2021) Pemanfaatan Etnobotani Pada Masyarakat Alue Padee Kecamatan Kuala Batee Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 4 Abdya Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Etnobotani Pada Masyarakat Alue Padee Kecamatan Kuala Batee Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 4 Abdya Kabupaten Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Pemanfaatan Etnobotani Pada Masyarakat Alue Padee Kecamatan Kuala Batee Sebagai Media Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 4 Abdya Kabupaten Aceh Barat Daya)
Utami Adiningsih, 140207078, FTK, PBL, 082274404471.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan tumbuhan di pekarangan rumah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Desa Alue Padee terdorong oleh adanya pemahaman tentang tumbuhan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, acara adat, bumbu dapur dan obat. Pemanfaatan tumbuhan oleh masyarakat Desa Alue Padee dapat digunakan sebagai media untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan serta bagian tumbuhan yang digunakan oleh masyarat Desa Alue Padee untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai media pembelajaran di SMAN 4 ABDYA Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan metode survei eksploratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Alue Padee untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terdapat 78 spesies dari 47 Famili. Famili yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Alue Padee yaitu famili Euphorbiaceae, famili Aracaceae dan famili Zingiberceae. Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Alue Padee yaitu umbi 11%, batang 15%, daun 18%, buah 19%, biji 5%, getah 9%, tempurung 5%, bunga 8%, dan duri 10 %. Persentase uji kelayakan media booklet diperolehhasil 89,56% dan media flash card diperoleh 84,74 % dengan kriteria sangat layak. Hasil respon siswa diperoleh total persentase keseluruhan aspek yaitu 91,3% dengan kriteria respon siswa terhadap media pembelajaran sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Utami Adiningsih Utami
Date Deposited: 07 Jun 2021 09:02
Last Modified: 07 Jun 2021 09:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17253

Actions (login required)

View Item
View Item