Dampak Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat

Misdar, 160209003 (2021) Dampak Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Dampak Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar  Siswa Kelas V Di Sekolah  MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat]
Preview
Text (Tentang Dampak Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat)
Misdar, 160209003, FTK, PGMI, 082245124400.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berkaitan dengan adanya wabah Covid-19 pemerintah mengeluarkan himbauan untuk melakukan pembelajaran di rumah atau daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet, dengan adanya pembelajaran daring memberikan dampak terhadap minat belajar siswa MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan negatif dari pembelajaran daring pada pembelajaran tematik terhadap minat belajar siswa di sekolah MIS Pasi Jambu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara jelas objek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan wawancara yang dilakukan secara online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak positif dan negatif diperoleh dari hasil angket orang tua siswa dan guru kelas V diperoleh sebagian besar menurut guru berdampak positif dan sebagian kecil berdampak negatif. Sedangkan menurut orang tua siswa sebagian besar berdampak positif dan sebagian besar juga negatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 1) Dampak positif dari Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat adalah benar seluruh siswa semakin pintar menggunakan teknologi, sebagian besar selama pembelajaran daring dapat meningkatkan kemandirian siswa, dan sebagian besar siswa semakin pintar dan siswa semakin semangat belajar. 2) Dampak negatif dari Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat adalah sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring dan siswa mulai malas belajar karena terlalu lama melakukan pembelajaran daring. Respon Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah MIS Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat adalah sebagian besar siswa selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan siswa selalu bertanya mengenai materi yang kurang dipahami, dan sebagian kecil siswa selalu belajar setiap hari, dapat disimpulkan bahwa selama pembelajaran daring siswa semakin berminat belajar, hal ini ditandai dengan meningkatnya kemandirian siswa dalam proses pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Misdar Misdar
Date Deposited: 07 Jun 2021 09:54
Last Modified: 07 Jun 2021 09:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17264

Actions (login required)

View Item
View Item