Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program Waste Collecting Point (WCP) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan di Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh.

Cut Beutari Ridhaya, 160404013 (2021) Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program Waste Collecting Point (WCP) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan di Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program  Waste Collecting Point (WCP)]
Preview
Text (Tentang Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Program Waste Collecting Point (WCP))
Cut Beutari Ridhaya, 160404013, FDK, PMI, 082163416246.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berangkat dari adanya fenomena gerakan perempuan di Gampong Alue Deah Teungoh dalam mengolah sampah sebagai penunjang kesejahteraan keluarga. Perempuan kerap dianalogikan sebagai kelompok lemah yang kurang berdaya, padahal perempuan mempunyai kemampuan untuk berkembang sebagaimana kaum laki-laki. Dari masalah tersebut memunculkan rumusan masalah. Pertama, bagaimana bentuk pemberdayaan ekonomi melalui program Waste Collecting Point (WCP) di Gampong Alue Deah Teungoh. Kedua, bagaimana peningkatan kesejahteraan ekonomi perempuan melalui program Waste Collecting Point (WCP) dalam hal pemberdayaan perempuan di Gampong Alue Deah Teungoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Grouded Reseach) yang bersifat kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah konsep pemberdayaan yang dikemukakan oleh Chambers dan lima dimensi yang harus dipenuhi dalam pemberdayaan ekonomi perempuan yang dikemukakan oleh Karl Marx. Hasil penelitian ini yaitu pertama, bentuk pemberdayaan ekonomi melalui program Waste Collecting Point (WCP) di Gampong Alue Deah Teungoh ialah daur ulang sampah menjadi produk layak guna dan bernilai jual, pembuatan pupuk kompos dan field gardening, dan kaderisasi cleaning leader. Kedua, peningkatan kesejahteraan ekonomi perempuan melalui program Waste Collecting Point (WCP) ialah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, memperluas jaringan wcp, dan meningkatkan penghasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Cut Beutari Ridhaya Cut
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:34
Last Modified: 09 Jun 2021 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item
View Item