Evaluasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik pada Pembelajaran Pratikum di SMK

Ikhsan, 160211009 (2021) Evaluasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik pada Pembelajaran Pratikum di SMK. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Evaluasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik pada Pembelajaran Pratikum di SMK]
Preview
Text (Tentang Evaluasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik pada Pembelajaran Pratikum di SMK)
Ikhsan, 160211009, FTK, PTE, 085359058349.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Evaluasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik Pada Pembelajaran Pratikum di SMK”, bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada pembelajaran Pratikum, serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada pembelajaran Pratikum di SMK Muhammadiyah Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Penelitian terdiri 2 orang guru mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa strategi guru dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada pembelajaran Pratikum di SMK Muhammadiyah Kota Banda Aceh dilakukan dengan memprogramkan pembelajaran dengan baik, menggunakan cara komunikasi yang ramah dengan siswa, mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan siswa dan memanfaatkan fasilitas pendukung dalam pembelajaran praktikum. Faktor apa saja yang mendukung strategi guru dalam meningkatkan keterampilan peserta didik pada pembelajaran Pratikum di SMK Muhammadiyah Kota Banda Aceh ialah berupa kuatnya dukungan pihak sekolah baik sesama guru maupun pengurus sekolah, ketersediaan waktu serta adanya fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar, sedangkan faktor penghambat berupa faktor internal seperti faktor pada siswa berupa kurangnya kepedulia n siswa akan mata pelajaran pratikum, sedangkan faktor eksternal berupa keterbatasan ruangan yang tidak mendukung penuh kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Ikhsan Ikhsan
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:06
Last Modified: 10 Jun 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17311

Actions (login required)

View Item
View Item