Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Proceddures (CUPs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Fisika Peserta Didik MTsN 4 Banda Aceh Pada Materi Cahaya

Nonny Mustikasari, 251324525 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Proceddures (CUPs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Fisika Peserta Didik MTsN 4 Banda Aceh Pada Materi Cahaya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Proceddures (CUPs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Fisika Peserta Didik MTsN 4 Banda Aceh Pada Materi Cahaya]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Proceddures (CUPs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Fisika Peserta Didik MTsN 4 Banda Aceh Pada Materi Cahaya)
Nonny Mustikasari, 251324525, FTK, PFS, 085275948059.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Konsep merupakan suatu hal yang sangat penting, namun bukan terletak pada konsep itu sendiri, tetapi terletak pada bagaimana konsep itu dipahami oleh subjek didik. Pentingnya pemahaman konsep dalam proses mengajar sangat memengaruhi sikap, keputusan, dan cara-cara memecahkan masalah. Judul penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Fisika Peserta Didik MTsN 4 Banda Aceh Pada Materi Cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep IPA fisika peserta didik pada materi cahaya setelah penggunaan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures di Mtsn 4 Banda Aceh dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures di MtsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (VIII1) dan kelas kontrol (VIII2). Data dikumpulkan melalui soal tes berbentuk pilihan ganda dengan 20 butir soal dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data dari angket dianalisis menggunakan analisis desktiptif (presentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Data hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diajarkan dengan model CUPs diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,76 > 1,68. (2) Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model CUPs pada materi cahaya menunjukkan bahwa persentase sangat setuju (SS) adalah 60,83%, yang setuju (S) adalah 30,83%, yang tidak setuju (TS) adalah 6,67% sedangkan yang sangat tidak setuju (STS) adalah 1,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta didik senang dan tertarik belajar fisika dengan menggunakan model CUPs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Samsul Bahri, M,Pd Pembimbing II : Muhammad Nasir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Conceptual Understanding Proceddures (CUPs), Pemahaman Konsep, Cahaya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nonny Mustikasari Nonny
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:52
Last Modified: 17 Jun 2021 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item
View Item