Kreativitas Penataan Kelas Dalam meningkatan Semangat Belajar di SDN Teupin Raya Aceh Timur

Angga Rizky, 160206119 (2021) Kreativitas Penataan Kelas Dalam meningkatan Semangat Belajar di SDN Teupin Raya Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang : Kreativitas Penataan Kelas Dalam meningkatan 	Semangat Belajar di SDN Teupin Raya Aceh Timur]
Preview
Text (Tentang : Kreativitas Penataan Kelas Dalam meningkatan Semangat Belajar di SDN Teupin Raya Aceh Timur)
Angga Rizky, 160206119, FTK, MPI, 082299093372.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kreativitas penataan kelas sangat penting dalam meningkatkan semangat belajar karna kelas merupakan tempat berlansungnya pembelajaran yang sangat mempengaruhi belajarnya siswa, kreativitas penataan kelas yang baik dapat membuat siswa lebih nyaman dalam belajar dan cepat menerima ilmu yang diberikan dari guru. Kreativitas penataan kelas di SDN Teupin Raya belum maksimal dilakukan yang dampaknya menurunkan semangat belajar siswa SDN Teupin Raya seperti penataan tempat duduk masih berbentuk (I), belum ada bentuk lain yang diterapkan guru maupun murid dan ada beberapa faktor yang mengurangi semangat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model kreativitas penataan kelas di SDN Teupin Raya dan untuk mengetahui faktor yang dapat mengurangi semangat belajar siswa di SDN Teupin Raya. Ditinjau dari jenis datanya penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam skripsi ini yaitu kepala sekolah, guru dan murid. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model kreativitas penataan kelas sesuai dengan keinginan siswa seperti dalam pengaturan tempat duduk yang diterapkan selain itu juga dilihat dari penataan keindahan dan kebersihan kelas, yaitu adanya dekorasi dinding yang dibuat dari hasil karya dan adanya jadwal piket kelas yang dibuat oleh siswa untuk menunjang kebersihan kelas. Adapun faktor yang mengurangi semangat belajar siswa pertama dari faktor guru, yaitu adanya guru yang menerapkan tipe kepemimpinan otoriter selama mengajar dan adanya beberapa guru yang menerapkan pembelajaran yang monoton. Kedua dari peserta didik, yaitu adanya peserta didik yang malas dalam belajar dan mengerjakan PR, kurangnya kesadaran dari peserta didik sendiri dalam belajar. Ketiga dari faktor fasilitas, masih ada beberapa yang belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Angga Rizky Angga
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:50
Last Modified: 21 Jun 2021 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item
View Item