Peran Usaha “Kerupuk Tiram”Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Alue Naga Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Isra Meliza, 160602196 (2020) Peran Usaha “Kerupuk Tiram”Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Alue Naga Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Peran Usaha “Kerupuk Tiram”Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Alue Naga Menurut Perspektif Ekonomi Islam]
Preview
Text (tentang Peran Usaha “Kerupuk Tiram”Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Alue Naga Menurut Perspektif Ekonomi Islam)
Isra Meliza, 160602196, FEBI, ES, 081366093309.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

UMKM merupakan kegiatan ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan perseorangan atau badan usaha yang bukan anak perusahaan. Pada saat ini UMKM sangat berkembang pesat dikarenakan UMKM merupakan sumber pembangunan ekonomi.Penelitian ini mengkaji tentang analisis peran UMKM kerupuk tiram ini terhadap kesejahteraan masyarakat Alue Naga menurut Perspektif Ekonomi Islam serta untuk mengetahui seberapa besar UMKM ini memberikan kontribusi bagi perekonomian masyarakat maupun pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran UMKM terhadap masyarakat disana serta menganalisi menurut perspektif Ekonomi Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana informan yang diwawancarai sebanyak 12 orang dari 2 usaha kerupuk tiram. Karena letak Desa Alue Naga ini sangat dekat dengan pesisir pantai sehingga sebahagian besar masyarakat disana bermata pencaharian sebagai nelayan dan pencari tiram, karena inovasi dari Dinas Koperasi UMKM dan pihak-pihak lainnya yang menbuat pemberdayaan kerupuk tiram guna membantu masyarakat disana, sehingga terbentuklah 2 usaha kerupuk tiram ini. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa peran UMKM kerupuk tiram ini sangat besar bagi masyarakat disana karena dari pendapatan yang mereka peroleh menjadi lebih baik, UMKM sangat memberi pengaruh positif terhadap kesejahteraan informan, yakni seperti memperoleh pendapatan sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, lingkungan rumah yang menjadi lebih baik dari sebelumnya, pendidikan yang masih sedikit kurang karena faktor ekonomi yang belum memadai serta kesehatan yang menjadi lebih baik karena dapat memenuhi kebutuhan dalam hal pengobatan. Dilihat dari konsep Ekonomi Islam peran UMKM ini sudah mampu memberi maslahah, dari hasil penelitian menunjukkan kebutuhan akan Dharurriyat atau kebutuhan pokok yang sudah terpenuhi, kebutuhan Hajiyat yang sebagian sudah terpenuhi dan ada juga yang belum terpenuhi dan kebutuhan Tahsiniyat yang belum mampu mereka penuhi, akan tetapi tidak memberikan kesusahan bagi mereka karena yang paling penting dan utama adalah kebutuhan pokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Isra Meliza Isra
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:20
Last Modified: 21 Jun 2021 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item
View Item