M. Muzhar Efendi, 160403065 (2020) Dampak Game Online Terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Mahasiswa Fakultas Dakwah Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
M.Muzhar Efendi, 160403065, FDK, MD, 085215518089.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Game online merupakan salah satu permainan yang didukung oleh media internet. Seiring dengan perkembangan teknologi, internet memiliki jaringan yang semakin meluas dan berkembang dengan sangat pesat. Dari perkembangan tersebut, media internet memiliki dampak positif dan negatifnya tergantung pada bagaimana tiap para individu dapat memanfaat fasilitas internet tersebut. Bermain game online kini banyak dilakukan oleh Sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tidak terkecuali dengan mahasiswa. Sebagian mahasiswa lebih memilih kegiatan untuk menghibur mereka dengan bermain game online. Dari kegiatan tersebut mahasiswa sering meninggalkan tugasnya sehari-hari termasuk dalam pengamalan ibadah shalat. Tujuh tahun merupakan awal usia untuk melaksanakan shalat. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri ArRaniry yang bermain game online pada gadget masing-masing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak positif game online terhadap pelaksanaan ibadah shalat, dan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap rajin/malasnya dalam mengamalkan ibadah shalat, serta untuk mengetahui pengaruh game online terhadap ketepatan waktu dalam melaksanakan ibadah shalat pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri ArRaniry. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pemahaman tentang fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menunjukkan dari 10 mahasiswa yang bermain game online yang berdampak positif adalah melatih fokus para pemain sekaligus bisa berbahasa inggris saat berjumpa teman bermain dari negara luar saat berbicara menggunakan Bahasa inggris, sedangkan dampak negatif dari game online adalah ketagihan bermain game online sehingga lalai akan shalat dan mengganggu fokus dalam melaksanakan ibadah shalat, serta upaya yang dilakukan untuk meminimalisir dampak game online terhadap ibadah adalah perlu adanya bimbingan dari orang tua, pemerintah dan masyarakat kepada pecandu game online
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Sakdiyah., S. Ag. M. Ag 2. Raihan. S. Sos. I, MA |
Uncontrolled Keywords: | Dampak, Game Online, Pelaksanaan, Ibadah Shalat |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah |
Depositing User: | M. Muzhar Efendi |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:05 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:05 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17438 |