Lisa Fitriyani Simatupang, 160208048 (2021) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier pada Materi Asam Basa di SMA Negeri I Mesjid Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Lisa Fitriyani Simatupang, 160208048, FTK, PKM, 081263119029.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang memuat konsep yang tidak sesuai dengan materi asam basa. Oleh sebab itu perlu dilakukan diagnosa terhadap konsep yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada materi asam basa di SMA Negeri I Mesjid Raya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA di SMA Negeri I Mesjid Raya sebanyak 12 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik three tier pilihan ganda berjumlah 8 butir. Identifikasi ini dilakukan dengan pemberian tes kepada siswa secara daring. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata miskonsepsi siswa kelas XII MIA sebesar 65,6% dengan kategori sedang. Rincian miskonsepsi siswa pada sub pokok bahasan teori asam basa sebesar 69%, reaksi ionisasi asam basa sebesar 66,5%, penentuan pH sebesar 66,5%, dan konsep pH dalam lingkungan yaitu 66%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Lisa Fitriyani Simatupang Lisa |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:08 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17443 |