Persepsi Mahasiswa PGMI terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19

Shururi Maqfirah, 160209107 (2021) Persepsi Mahasiswa PGMI terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Persepsi Mahasiswa PGMI terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19]
Preview
Text (Tentang Persepsi Mahasiswa PGMI terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19)
Shururi Maqfirah, 160209107, FTK, PGMI, 082370977226.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang tidak dibatasi ruang dan waktu dalam pelaksanaanya, sehingga memungkinkan media ini dapat dijangkau oleh berbagai pihak. Akan tetapi penelitian tentang hal-hal yang terjadi di lapangan tentang penggunaan media daring ini perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGMI terhadap proses pembelajaran daring pada masa covid-19, kendala yang dihadapi dan saran yang mereka berikan terhadap permasalahan yang mereka hadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI semester dua tahun ajaran 2019/2020 yang telah mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, pada proses pembelajaran terdapat 3 hal yaitu aplikasi, kegiatan pembelajaran, dan manajemen waktu. Sedangkan kendala yang dialami oleh mahasiswa PGMI selama proses pembelajaran daring pada mata kuliah Bahasa Indonesia diantaranya permasalahan jaringan internet, dan kendala dalam hal pemahaman materi. Mahasiswa juga memberi saran tentang perlu adanya penambahan kuota internet dari pihak kampus, dan penambahan penjelasan materi dari dosen. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa untuk pembelajaran daring ke depannya diharapkan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dapat lebih mempersiapkan perangkat mereka baik dari segi aplikasi maupun persiapan pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shururi Maqfirah Ruri
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:17
Last Modified: 24 Jun 2021 07:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17459

Actions (login required)

View Item
View Item