Pengaruh Pengetahuan dan Pendidikan terhadap Literasi Keuangan Digital pada Masyarakat Kota Banda Aceh.

Munthasar, 160603185 (2020) Pengaruh Pengetahuan dan Pendidikan terhadap Literasi Keuangan Digital pada Masyarakat Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Pengaruh Pengetahuan Dan Pendidikan Terhadap Literasi Keuangan Digital Pada Masyarakat Kota Banda Aceh.]
Preview
Text (tentang Pengaruh Pengetahuan Dan Pendidikan Terhadap Literasi Keuangan Digital Pada Masyarakat Kota Banda Aceh.)
Munthasar, 160603185, FEBI, PS, 082276645544.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tingkat literasi keuangan sangat penting bagi setiap individu, sebab apabila seorang individu memiliki tingkat literasi keuangan yang baik (well literate) maka individu tersebut akan mampu mengelola keuangannya dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan pendidikan terhadap literasi keuangan digital pada masyarakat Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner atau angket kepada 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian variabel pengetahuan (X1) berpengaruh tetapi tidak secara signifikan terhadap literasi keuangan digital (Y), sedangkan pada variable pendidikan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan digital (Y). Dan hasil uji simultan menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dan variabel pendidikan secara bersama-sama mempengaruhi literasi keuangan digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Munthasar Munthasar
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:32
Last Modified: 24 Jun 2021 07:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item
View Item