Hubungan Self Image dengan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Desi Ramadhani, 160901002 (2021) Hubungan Self Image dengan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Hubungan Self Image dengan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Tentang Hubungan Self Image dengan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Desi Ramadhani, 160901002, FPSI, PSI, 082273210009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan suatu proses sosial yang saling mempengaruhi dan saling memberikan hubungan timbal balik. Salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal adalah self image. Mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah dituntut untuk dapat mengembangkan komunikasi interpersonal sejak awal, namun masih terdapat mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam hal komunikasi interpersonal maupun masalah self image yang belum baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self image dengan komunikasi interpersonal pada mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala self image dan skala komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 217 mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Data dianalisis menggunakan analisis uji Korelasi Pearson menggunakan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan memperoleh koefision korelasi Rhitung sebesar 0,534 dengan nilai signifikan p = 0,000 (p < 0,05) yaitu terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kedua variabel (self image dan komunikasi interpersonal). Artinya, semakin tinggi self image maka semakin tinggi komunikasi interpersonal mahasiswa Prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.2 Psikologi Individu
Depositing User: Desi Ramadhani Desi
Date Deposited: 28 Jun 2021 08:02
Last Modified: 28 Jun 2021 08:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17521

Actions (login required)

View Item
View Item