Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik dengan Menggunakan Puzzle Siswa Kelas II MIN 35 Aceh Besar

Farhatun Naura, 150209092 (2021) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik dengan Menggunakan Puzzle Siswa Kelas II MIN 35 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik dengan Menggunakan Puzzle Siswa Kelas II MIN  35 Aceh Besar]
Preview
Text (Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik dengan Menggunakan Puzzle Siswa Kelas II MIN 35 Aceh Besar)
Farhatun Naura, 150209092, FTK, PGMI, 082294892381.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan kunci penting dalam proses belajar, kurangnya kemampuan membaca merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar adanya peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui metode fonik dengan menggunakan puzzle siswa kelas II min 35 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui metode fonik dengan menggunakan puzzel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode fonik dengan menggunakan puzzel dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan nilai pada siklus ke I belum mencapai ketuntasan hanya mencapai 67,85% sedangkan pada siklus II hanya mencapai 74,28% dan meningkat pada siklus III mencapai ketuntasan hingga 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode fonik dengan menggunakan puzzel dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yuni Setia Ningsih, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Permulaan, Metode Fonik, Puzzel
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farhatun Naura
Date Deposited: 29 Jun 2021 09:11
Last Modified: 29 Jun 2021 09:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17551

Actions (login required)

View Item
View Item