Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Multimedia terhadap Respon dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik MIN 40 Aceh Besar

Irna Jamila, 160209067 (2021) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Multimedia terhadap Respon dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik MIN 40 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and  Learning]
Preview
Text (Tentang Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning)
Irna Jamila, 160209067, FTK, PGMI, 082237185906.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MIN 40 Aceh Besar diketahui bahwa penggunanaan pendekatan dan media pembelajaran yang masih dominan, sehingga menimbulkan beberapa hambatan, yaitu Pertama, peserta didik masih terlihat pasif. Hal ini diindikasikan dengan peserta didik yang masih terlihat hanya duduk diam. Selain itu tidak semua peserta didik yang berpartisipasi penuh dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, peserta didik masih kurang Keterampilan Proses
Sains, hal ini dilihat dari sebagian peserta didik masih menyontek pada saat menjawab Soal Tes. Ketiga, kurangnya penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran, menyebabkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Respon dan Keterampilan Proses Sains peserta didik dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Multimedia pada tema 5 materi Ekosistem. Rancangan penelitian Pre-Eksperimen Design dalam bentuk One-Group Pre-test Post-test Design. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V MIN 40 Aceh Besar yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Tes dan Angket. Teknik analisis data secara deskriptif dan rumus persentase. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Multimedia pada tema 5 materi Ekosistem kelas V MIN 40 Aceh Besar dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains peserta didik dengan persentase sebanyak 93% (28 peserta didik) yang mampu menjawab soal berbasis Keterampilan Proses Sains dan 86,24% soal Keterampilan Proses Sains yang mampu dijawab oleh peserta didik. Respon peserta didik terhadap penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Multimedia pada tema 5 materi Ekosistem kelas V MIN 40 Aceh Besar sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irna Jamila Irna
Date Deposited: 29 Jun 2021 09:30
Last Modified: 29 Jun 2021 09:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item
View Item