Strategi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Banda Aceh

Faiz Munfarzan, 150201038 (2021) Strategi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik]
Preview
Text (tentang Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik)
Faiz Munfarzan, 150201038, FTK, PAI, 085296252306.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih kurang pengetahuan ilmu fiqih menyangkut dengan ibadah, seperti tata cara shalat yang masih belum bagus dalam pelaksanaannya, bahkan sebagian peserta didik meninggalkan shalat, dan masih ada perbuatan yang tidak sesuai dengan pembelajaran fiqih yang telah di ajarkan. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dalam hal ini, strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik berperan besar dalam menanamkan betapa pentingnya pendidikan fiqih bagi peserta didik. Atas dasar ini diperlukan metode pembelajaran yang sesuai pada tiap pokok bahasan. Yang lebih penting lagi adalah agar siswa dalam proses pembelajaran Agama Islam terutama pada mata pelajaran Fiqih dapat merasa senang serta menikmatinya. Dari alasan diatas, peneliti tertarik meneliti strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MAN 2 Banda Aceh telah terlihat keberhasilannya dalam mata pelajaran fiqih. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimanakah persiapan guru fiqih dalam mengajar di MAN 2 Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh guru fiqih dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MAN 2 Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui bagaimanakah interaksi guru fiqih didalam kelas di MAN 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan menggunakan teknik analisa data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih sudah berjalan dengan baik, persiapan guru fiqih dalam mengajar diawali dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), guru mempersiapkan media pembelajaran, guru mempersiapkan dan mempelajari materi pelajaran sebelum mengajar, guru menentukkan pendekatan, model, metode, dan strategi dalam mengajar, dan guru harus memahimi karakter siswa. Interaksi guru didalam kelas sudah baik, karena guru fiqih menempatkan diri sebagai guru, orang tua, dan sahabat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faiz Munfarzan Faiz
Date Deposited: 01 Jul 2021 03:19
Last Modified: 01 Jul 2021 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17593

Actions (login required)

View Item
View Item