Analisis Pemanfaatan Dana Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala)

Wirdatul Jannah, 160602157 (2020) Analisis Pemanfaatan Dana Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pemanfaatan Dana Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala)]
Preview
Text (Analisis Pemanfaatan Dana Zakat Produktif Terhadap Tingkat Pendapatan Mustahik (Studi Baitul Mal Kota Banda Aceh Pada Kecamatan Syiah Kuala))
Wirdatul Jannah, 160602157, FEBI, ES, 082363607394.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan ibadah wajib yang ditunaikan oleh setiap muslim yang hartanya sudah memenuhi kriteria dan syarat tertentu. Zakat memiliki tujuan untuk mewujudkan keadilan sosial ekonomi. Zakat berperan dalam penanggulangan kemiskinan melalui jalur penciptaan lapangan kerja dan penciptaan peluang wirausahawan. Zakat yang diberikan kepada mustahik akan berperan sebagai pendukung peningkatan ekonomi mereka apabila disalurkan pada kegiatan produktif. Salah satu bidang pemanfaatan zakat produktif adalah pemanfaatan pada bidang bantuan modal usaha. Tujuan dari program ini untuk mengentaskan kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak pemanfaatan dana zakat produktif terhadap tingkat pendapatan mustahik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bantuan modal usaha yang dikelola Baitul Mal tidak berdampak terhadap tingkat pendapatan mustahik seperti tujuan dari zakat untuk program tersebut. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu mustahik belum mampu mengembangkan usahanya dengan optimal dikarenakan dana zakat yang diberikan tidak mencukupi semua kebutuhan untuk mengelola usaha yang dijalankan menjadi lebih berkembang, tidak adanya pendampingan dan kurangnya pengawasan terhadap perkembangan usaha mustahik, serta penjualan pada masa pandemi yang menurun sehingga pengelolaan zakat produktif tersebut masih belum mampu meningkatkan kesejahteraan mustahik secara material. Untuk mengoptimalkan program pemberdayaan zakat produktif bantuan modal usaha ini perlu adanya pendampingan dan pengawasan secara menyeluruh terhadap perkembangan usaha mustahik dan adanya dukungan dari lembaga-lembaga lain, pemerintah serta masyarakat yang mendukung program pengentasan kemiskinan. Dengan demikian, mustahik yang menerima zakat produktif bantuan modal usaha senantiasa memanfaatkan dana zakat dengan sebaik-baiknya sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hafas Furqani, M.Ec Pembimbing II : Junia Farma, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Zakat, Zakat Produktif, Modal Usaha, Pendapatan, Mustahik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Wirdatul Jannah
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:15
Last Modified: 05 Jul 2021 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item
View Item