Efektifitas Penggunaan Media Pasir terhadap Kemampuan Mengenal Pola ABC-ABC pada Anak Usia4-5 Tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar

Irhamni, 150210091 (2020) Efektifitas Penggunaan Media Pasir terhadap Kemampuan Mengenal Pola ABC-ABC pada Anak Usia4-5 Tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Efektifitas Penggunaan Media Pasir]
Preview
Text (tentang Efektifitas Penggunaan Media Pasir)
Irhamni, 150210091, FTK, PIAUD, 082361678217.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif dalam berpikir logis merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan sejak dini. Perkembangan kognitif dalam berpikir logis peserta didik RA Takrimah Tungkop belum berkembang secara optimal, karena sebagian besar peserta didik belum sepenuhnya mampu dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang sama atau sejenis serta mengurutkan benda berdasarkan 4 seriasi warna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media pasir dalam mengembangkan kemampuan mengenal pola ABC-ABC pada anak usia 4-
5 tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan analisis pre-exsperimental desains dan desain one group pretes-postes. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yaitu kelompok A1 sebanyak 18 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat kemampuan anak terhadap mengenal pola ABC-ABC anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak terhadap mengenal pola ABC-ABC anak selama proses pembelajaran dengan menggunakan media pasir tergolong meningkat dengan rata- rata persentase pada pertemuan I adalah 40,9% dengan kategori mulai berkembang, pertemuan II adalah 57,3% dengan kategori berkembang sesuai harapan, dan pertemuan III adalah 77,8% dengan kategori berkembang sangat baik. Sedangkan hasil nilai rata-rata dari pre-test adalah 49,3% dan nilai post-test adalah 76,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pasir efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola ABC-ABC pada anak usia 4-5 tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Irhamni Irhamni
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:43
Last Modified: 06 Jul 2021 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17654

Actions (login required)

View Item
View Item