Urgensi Konseling Keluarga terhadap Para Orang Tua dalam Upaya Memotivasi Anak Penderita Penyakit Kronis (Studi Diskriptif di Rumah Kita Ulee Kareng Banda Aceh),

Riki Agustin, 150402004 (2020) Urgensi Konseling Keluarga terhadap Para Orang Tua dalam Upaya Memotivasi Anak Penderita Penyakit Kronis (Studi Diskriptif di Rumah Kita Ulee Kareng Banda Aceh),. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Riki Agustin, 150402004, FDK, BKI, 085219109676.pdf]
Preview
Text
Riki Agustin, 150402004, FDK, BKI, 085219109676.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Konseling adalah upaya batuan yang diberikan seorang pembimbing yang terlatih dan berpengalaman, terhadap individu-individu yang membutuhkan agar individu tersebut berkembang posetensinya secara optimal mampu mengatasi masalahnya dan mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang selalu berubah dan juga pemberian pertolongan pada individu yang membutuhkan. Keluarga adalah unit sosial terkecil dalam masyarakat yang berperan dan berpengaruh sangat besar terhadap perkembangan sosial dan perkembangan kepribadian setiap anggota keluarga. Konseling keluarga memfokuskan pada masalah-masalah yang berhubungan dengan situasi keluarga dan penyelenggaraannya melibatkan anggota keluarga. Berbagai permasalahan dialami oleh pasien kronis di antaranya kecemasan, ketakutan, ketidakpastian, keputusasaan saat menjalani pengobatan. Rumah Singgah (Rumah Kita) selama ini hanya memberikan layanan fisik seperti akomodasi, transportasi dan kosumsi namun belum memberikan layanan psikologis dan konseling bagi pasien dan orang tua dalam mendampingi anak penderita penyakit kronis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah yang sering dihadapi orang tua dalam mendampingi anak penderita penyakit kronis dan untuk mengatahui urgensi konseling keluarga terhadap para orang tua dalam upaya memotivasi anak penderita penyakit kronis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah orang tua penderita penyakit kronis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan prosedur penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah masalah yang sering dihadapi orang tua dalam mendampingi anak penderita penyakit kronis yaitu orang tua pasien cenderung mengalami masalah emosional yang berbeda-beda, seperti sedih, bingung, perasaan tidak berdaya dan cemas, masalah kognitif minimnya pengetahuan tentang penyakit di derita oleh anak dan tanggung jawab. Urgensi konseling keluarga terhadap para orang tua dalam upaya memotivasi anak penderita penyakit kronis yaitu sangat penting agar orang tua mampu mengatasi masalah yang muncul saat pendampingan dan juga memotivasi anak dalam proses percepatan pemulihan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Riki Agustin Riki
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:34
Last Modified: 07 Jul 2021 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item
View Item