Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV MIN 8 Aceh Besar

Khairun Nisa, 160209088 (2021) Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV MIN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker]
Preview
Text (Tentang Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker)
Khairun Nisa, 160209088, FTK, PGMI, 082267176003.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu sarana yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran. Namun, sekarang ini dalam proses pembelajaran di sekolah masih menggunakan media buku panduan sebagai media pembelajaran. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) media pembelajaran animasi berbasis Animaker dikembangkan menggunakan aplikasi pembuat animasi yaitu Animaker; (2) ada beberapa kendala yang terdapat dalam pengembangan media pembelajaran animasi berbasis Animaker, salah satunya adalah proses pembuatannya yang banyak; (3) dalam mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis Animaker peneliti menggunakan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan media pembelajaran animasi pada mata pelajaran IPS menggunakan aplikasi pembuat animasi yaitu Animaker. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi. Hasil validasi media oleh dosen PGMI sebagai ahli materi memperoleh presentase 88,8% dengan kategori “Sangat Layak” , hasil validasi media oleh dosen PGMI sebagai ahli media memperoleh presentase 91,1% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi oleh guru kelas memperoleh presentase 88,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Media pembelajaran animasi berbasis Animaker dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran animasi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairun Nisa Nisa
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:11
Last Modified: 09 Jul 2021 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17703

Actions (login required)

View Item
View Item