Pola Interaksi Sosial Antara Masyarakat Gayo, Jawa dan Masyarakat Aceh (Studi Kasus di Gampong Pondok Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah.

Halisna, 150305077 (2021) Pola Interaksi Sosial Antara Masyarakat Gayo, Jawa dan Masyarakat Aceh (Studi Kasus di Gampong Pondok Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pola Interaksi Sosial Antara Masyarakat Gayo,       Jawa dan Masyarakat Aceh (Studi Kasus di Gampong Pondok Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah.]
Preview
Text (Pola Interaksi Sosial Antara Masyarakat Gayo, Jawa dan Masyarakat Aceh (Studi Kasus di Gampong Pondok Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah.)
Halisna, 150305077, FUF, SA, 081294413165.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial yang ideal di dalam masyarakat Aceh sebagai pengejawantahan atas faktual kemajemukan yang ada di tengah-tengah masyarakat itu sendiri. Seperti ditemukan pada masyarakat di Gampong Pondok Baru, Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Masyarakat Gampong Pondok Baru masuk ke dalam masyarakat majemuk, hal ini ditandai dengan keragaman masyarakat yang mendiami daerah tersebut. Penduduk Gampong Pondok Baru terdiri dari masyarakat etnis Aceh, Jawa dan masyarakat etnis Gayo. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pola interaksi sosial antar masyarakat Gayo, Jawa dan masyarakat Aceh di Gampong Pondok Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data-data dianalisis dengan cara deskriptif eksploratif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalahPola interaksi sosial antar masyarakat Gayo, Jawa dan masyarakat Aceh di Gampong Pondok Baru di Kecamatan Bandar Kebupaten Bener Meriah tampak berjalan secara baik. Pola interaksi sosial yang ditemukan yaitu saling menegur sapa satu sama lain, saling tolong-menolong, berbagi, menjenguk warga yang terkena musibah, dan melakukan interaksi dalam kegiatan jual beli.Dan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi oleh masyarakat Gayo, Jawa dan Aceh di Gampong Pondok Baru di dalam melaksanakan interaksi sosial adalah karena alasan bahasa. Masyarakat Aceh secara umum kurang mampu untuk berbahasa Indonesia, sehingga komunikasi antara masyarakat menjadi tidak lancar, dan sendirinya akan mempengaruhi interaksi sosial juga menjadi kurang lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Taslim HM. Yasin., M.Si Pembimbing 2 : Dr. Abdul Majid, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi Sosial, Masyarakat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Halisna Halisna
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:32
Last Modified: 13 Jul 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item
View Item