Pendekatan Guru PAI dalam Mengembangkan Domain Afektif Siswa di Sekolah (Boarding School) Ummul Ayman Samalanga Dan Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Darul Imarah, Aceh Besar

Nurul Fariyah, 30183670 (2021) Pendekatan Guru PAI dalam Mengembangkan Domain Afektif Siswa di Sekolah (Boarding School) Ummul Ayman Samalanga Dan Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Darul Imarah, Aceh Besar. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pendekatan   Guru   PAI   dalam   Mengembangkan Domain   Afektif   Siswa   di   Sekolah   (Boarding School)  Ummul  Ayman  Samalanga  Dan  Ruhul Islam Anak  Bangsa  (RIAB)  Darul  Imarah,  Aceh Besar]
Preview
Text (Pendekatan Guru PAI dalam Mengembangkan Domain Afektif Siswa di Sekolah (Boarding School) Ummul Ayman Samalanga Dan Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Darul Imarah, Aceh Besar)
Nurul Fariyah, 30183670, PPS, PAI, 082272278523.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran idealnya harus mengarah pada tiga ranah, yang melekat pada diri peserta didik yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Domain afektif salah satu tujuan pembelajaran yang
menekan pada sikap dan nilai yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk diaplikasikan dalam kehidupannya. Akan tetapi kenyataannya dalam proses belajar mengajar guru masih menekankan pada aspek kognitif, yaitu sebatas penguasaan materi sehingga terabaikan aspek afektif peserta didik. Penanaman sikap pada peserta didik bukan hal yang mudah, harus dilakukan secara terstruktur melalui berbagai pendekatan yang dilakukan oleh guru PAI. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pendekatan guru PAI dalam mengembangkan domain afektif siswa di sekolah (Boarding School) Ummul Ayman dan Ruhul Islam Anak Bangsa, (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan domain afektif pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI Ummul Ayman dan Ruhul Islam Anak Bangsa melakukan berbagai pendekatan dalam mengembangkan domain afektif diantaranya pendekatan individual, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, pendekatan keagamaan, pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan dan pendekatan keteladanan. Adapun kendalanya meliputi dua faktor, yaitu Internal diantaranya kehilangan semangat dalam belajar, penolakan untuk sekolah/pemaksaan untuk mondok, sikap agresif pada remaja dan kurangnya motivasi dalam belajar. Eksternal meliputi dukungan dan perhatian orangtua, sarana dan prasarana yang kurang terjaga, dan hubungan sosial siswa dengan teman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Eka Srimulyani, MA., Ph. D 2. Dr. Fuad Mardhatillah, MA
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Guru PAI, Mengembangkan domain afektif, Sekolah (Boarding School)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Fariyah
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:46
Last Modified: 13 Jul 2021 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item
View Item