Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Syariah pada Penyaluran Pembiayaan Bank Syariah (Studi pada Account Officer PT. Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng

Muhammad Alif Fadhila, 150603053 (2020) Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Syariah pada Penyaluran Pembiayaan Bank Syariah (Studi pada Account Officer PT. Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Syariah]
Preview
Text (Analisis Pemahaman Nilai-Nilai Syariah)
Muhammad Alif Fadhila, 150603053, FEBI, PS, 082284949009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktek pemahaman nilai-nilai syariah oleh Account Officer pada PT Bank Syariah Mandiri. Metode penelitian menggunakan teknik penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Account Officer pada PT Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman nilai-nilai syariah pada penyaluran pembiayaan di BSM Ulee Kareng berupa nilai kejujuran (honesty, ash-shidq), kesetaraan, (la-musawah) ,dan keadilan (al-adialah) telah dipahami dan dipraktikkan. Upaya pihak bank dalam meningkatkan pemahaman atas nilai-nilai syariah terhadap praktik penyaluran pembiayaan dilakukan melalui pelatihan formal yaitu training in class dan melalui pelatihan yang dilakukan di kantor secara informal yaitu pengajian yang dilakukan secara privat dengan pengajian baik yang spesifik perbankan ataupun muamalah kepada karyawan baru untuk kemantapan pengetahuan syariah, dan dibutuhkan pembekalan, latihan dasar dan prinsip perbankan syariah itu dipahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Alif Fadhila Alif
Date Deposited: 14 Jul 2021 09:30
Last Modified: 14 Jul 2021 09:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17779

Actions (login required)

View Item
View Item