Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam

Efan Saputra, 140208106 (2021) Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam]
Preview
Text (Tentang Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam)
Efan Saputra, 140208106, FTK, PKM, 082362211177.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam pada saat pandemi Covi-19 dimana pembelajaran dilakukan secara daring sesuai anjuran pemerintah, ditemukan beberapa fenomena di antaranya sebagian besar proses pembelajaran yang ada di sekolah tidak bisa dilaksanakan secara online, karena minimnya fasilitas penunjang pembelajaran yang ada baik dari guru, maupun pada siswa sendiri. Disamping itu keterlibatan aktif siswa tidak terlihat, karena siswa hanya bisa mendengarkan apa yang dijelaskan guru atau hanya melakukan belajar mandiri. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah bagaimana efektivitas dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama Covid-19 dan apakah kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Analisis pengolahan data dilakukan dengan menganalisa data hasil angket, dalam hal ini peneliti memilah dan memilih data mana yang dianggap relevan dan penting yang berkaitan selanjutnya membuat sebuah kesimpulan dari suatu penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring selama Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam cukup baik dengan rata-rata 3,3. Kendala yang terjadi pada pembelajaran daring selama Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam diantaranya masalah metode pembelajaran daring, jaringan internet, motivasi siswa dalam belajar, kesiapan orangtua dan proses pembelajaran yang kurang maksimal. Sedangkan upaya yang lakukan dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama Covid-19 di SMA Negeri se Kecamatan Teluk Dalam adalah melakukan pembelajaran sistem tatap muka dengan protokol kesehatan di karnakan ada beberapa siswa tidak memiliki alat penunjang pembelajaran daring. Kemudian guru memberikan buku-buku pelajaran kepada siswa, memberi materi yang mudah dipahami dan evaluasi tentang pengetahuan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Efan Saputra Efan
Date Deposited: 14 Jul 2021 09:48
Last Modified: 14 Jul 2021 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17793

Actions (login required)

View Item
View Item